Call : 0857 1816 2628

RANGKAIAN PENANGKAL PETIR

RANGKAIAN PENANGKAL PETIR
Manusia selalu mencoba untuk menjinakkan keganasan alam, Meskipun tidak pernah terjadi manusia mampu melawan alam. Tapi paling tidak manusia selalu berusaha melindungi diri dari potensi bahaya dari alam. Salah satunya adalah bahaya sambaran petir. Ada beberapa metode untuk melindungi diri dan lingkungan dari sambaran petir. Metode yang paling sederhana tapi sangat efektif adalah metode Sangkar Faraday. Yaitu dengan melindungi area yang hendak diamankan dengan melingkupinya memakai konduktor yang dihubungkan dengan pembumian.

BATANG PENANGKAL PETIR :

. Batang penangkal petir berupa batang tembaga yang ujungnya runcing. Dibuat runcing karena muatan listrik mempunyai sifat mudah berkumpul dan lepas pada ujung logam yang runcing. Dengan demikian dapat memperlancar proses tarik menarik dengan muatan listrik yang ada di awan. Batang runcing ini dipasang pada bagian puncak suatu bangunan

KABEL KONDUKTOR :

Kabel konduktor terbuat dari jalinan kawat tembaga. Diameter jalinan kabel konduktor sekitar 1 cm hingga 2 cm . Kabel konduktor berfungsi meneruskan aliran muatan listrik dari batang muatan listrik ke tanah. Kabel konduktor tersebut dipasang pada dinding di bagian luar bangunan. Standart kabel yang di gunakan adalah minimal 50 mm” ( SNI ), sedangkan untuk memilih kabel di bawah 50 mm” tidak disarankan meskipun pada kenyataanya masih banyak yang menggunakan kabel dibawah 50mm” sebagai kabel konduktor.

TEMPAT PEMBUMIAN :

Tempat pembumian (grounding) berfungsi mengalirkan muatan listrik dari kabel konduktor ke batang pembumian (ground rod) yang tertanam di tanah. Batang pembumian terbuat dari bahan tembaga berlapis baja, dengan diameter 1,5 cm dan panjang sekitar 1,8 - 3 m . konduktor, Tempat pembumian. Pemasangan penangkal petir untuk rumah dimaksudkan untuk memberikan saluran elektris dari atas bangunan menuju ke dalam tanah dengan tujuan bila ada sambaran petir yang mengenai atas bangunan maka arus petir bisa mengalir ke ground dengan baik.
©2012 | Website ★ VIOLINDO PENANGKAL PETIR | Desain www.VIOLINDOPENANGKALPETIR.com